RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 2 Pamotan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok :
Aktivitas Kebugaran Jasmani
Alokasi Waktu : 3 Kali
Pertemuan/3 Minggu ( 9 JP )
Tujuan
Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
|
3.5. Memahami konsep latihan peningkatan derajat
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya. |
4.5. Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran
jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya. |
||
IPK 3 |
IPK 4 |
||
·
Mengidentifikasikan, menguraikan,
dan cara menerapkan aktivitas latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan dengan
benar. |
·
Mendemontrasikan,
melakukan, dan menerapkan aktivitas latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan
dengan benar. |
||
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran |
|||
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
·
Model: Pembelajaran jarak jauh (During dan Luring). ·
Metode: Berbasis
masalah (Problem-Based Learning) ·
Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran: o Ruang/lapangan o Palang tunggal o Matras/ sejenisnya o Stopwach o Gambar o Vidio pembelajaran o Handpone ·
Sumber Belajar: o Muhajir. 2017. PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 67-80). o Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 219-232). ·
Produk: Aktivitas latihan kebugaran jasmani. ·
Deskripsi: Peserta didik secara berkelompok memahami dan melakukan aktivitas latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan. |
1.
Kegiatan Pendahuluan a.
Guru menyiapkan materi pembelajaran, dan membentuk kelompok (2 s.d 5
peserta didik yang disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat). b.
Kemudian guru mengirimkan materi pembelajaran, lembar kerja peserta didik
(LKPD), tujuan yang harus
dicapai, dan penilaian pembelajaran melalui google classroom. c.
Peserta didik menggunakan pakaian olahraga, berbaris, berdoa, dan memastikan bahwa
dalam keadaan sehat. d.
Peserta didik melakukan pemanasan secara berurutan (dari peregangan
statis, dinamis atau dalam bentuk game/bermain gerobak dorong). 2.
Kegiatan Inti a.
Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok besar (disesuaikan
dengan tempat tinggal terdekat). b.
Peserta didik melakukan hasil
pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan
keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi),
yang tidak mampu dilakukan pada saat gerakan. c.
Peserta didik melakukan hasil
pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan
keterampilan, secara
individu maupun kelompok. d.
Peserta didik secara individu
dan atau kelompok melakukan hasil pengamatan latihan dan pengukuran
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan,
sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh teman sekelompok. e.
Peserta didik secara
individu, berpasangan, dan atau kelompok melakukan hasil
pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan
keterampilan, yang menekankan pada nilai-nilai:
disiplin, sportivitas,
kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. f.
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
Laporan hasil pembelajaran dilaporkan kepada guru yang berkenaan dengan:
Kesulitan, hambatan, dan capaian hasil belajar yang diperoleh. 3.
Kegiatan Penutup a.
Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai
dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum.
Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran. b.
Peserta
didik melakukan pendinginan/colling
down, dan berdoa. c.
Peserta
didik mencuci tangan, berganti pakaian, dan beristirahat. |
||
|
|||
Asesmen: a.
Sikap : Jurnal/observasi b.
Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan. c.
Keterampilan : Tes praktik dan portopolio. |
|||
Tagihan 1/MG 1 (latihan kecepatan dan kelincahan). |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|||||
Gerakan |
Kesalahan |
Perbaikan |
Awal |
pelaksana |
Akhir |
Frekuensi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tagihan 2/MG 2 (latihan keseimbangan dan koordinasi). |
1.
Buatlah
kesimpulan hasil dari pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani. 2.
Buatlah
kliping atau makalah tentang aktivitas kebugaran jasmani. |
Awal |
pelaksana |
Akhir |
Frekuensi |
||
|
|
|
|
||||
Tagihan 3/MG 3
(pengukuran aktivitas kebugaran jasmani/ keterampilan). |
1.
Kerjakan
soal pilihan ganda (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 79. 2.
Kerjakan
soal esai (1 – 5) pada buku teks Yudhistira hal 80. |
Awal |
pelaksana |
Akhir |
Frekuensi |
||
|
|
|
|
Mengetahui Pamotan,
Kepala
Sekolah Guru
mapel
PARMAN,
S.Pd Drs.
EDY MULYONO
NIP
19680524 199903 1 002 NIP
19680107 199512 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 2 Pamotan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok :
Aktivitas Keterampilan Gerak Berirama
Alokasi Waktu : 3 Kali
Pertemuan/3 Minggu ( 9 JP )
Tujuan
Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
|
3.7. Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk
rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan
inti latihan dalam aktivitas gerak berirama. |
4.7. Mempraktikkan prosedur variasi dan kombinasi gerak
berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam
aktivitas gerak berirama. |
||
IPK 3 |
IPK 4 |
||
·
Mengidentifikasikan, menguraikan,
dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik aktivitas gerak berirama dengan
benar. |
·
Mendemontrasikan,
melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak
spesifik aktivitas gerak berirama dengan benar. |
||
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran |
|||
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
· Model: Pembelajaran jarak jauh (During dan Luring). · Metode: Berbasis
proyek (Project-Based Learning) · Alat, Bahan, dan Media
Pembelajaran: o Ruangan/ lapangan. o Tipe recorder o Kaset senam ritmik o Stopwach o Gambar o Vidio pembelajaran o Handpone · Sumber Belajar: o Muhajir. 2017. PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 91-98). o Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 247-260). · Produk: Variasi dan kombinasi rangkaian gerak aktivitas gerak berirama. · Deskripsi: Peserta didik secara berkelompok memahami dan melakukan aktivitas
variasi dan kombinasi rangkaian gerak aktivitas gerak berirama. |
1.
Kegiatan Pendahuluan a.
Guru menyiapkan materi pembelajaran, dan membentuk kelompok (2 s.d 5
peserta didik yang disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat). b.
Kemudian guru mengirimkan materi pembelajaran, lembar kerja peserta didik
(LKPD), tujuan yang harus
dicapai, dan penilaian pembelajaran melalui google classroom. c.
Peserta didik menggunakan pakaian olahraga, berbaris, berdoa, dan memastikan bahwa
dalam keadaan sehat. d.
Peserta didik melakukan pemanasan secara berurutan (dari peregangan
statis, dinamis atau dalam bentuk game/bermain bergerak bereaksi). 2.
Kegiatan Inti a.
Peserta didik menyimak
informasi materi dalam bentuk lembar kerja peserta didik (LKPD) tentang
variasi dan kombinasi langkah dasar, gerak dan
ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak aktivitas
gerak berirama. b.
Peserta didik membagi diri ke
dalam kelompok sesuai dengan petunjuk guru yang
disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat). c.
Peserta didik melakukan variasi
dan kombinasi aktivitas gerak berirama
sesuai dengan gerakan yang dikuasai dan kreativitas kelompok dalam bentuk
tulisan dan gambar. d.
Setiap anggota kelompok
mencoba secara bersama-sama melakukan variasi dan kombinasi langkah
aktivitas gerak berirama tersebut dan saling
memberikan umpan balik. e.
Peserta didik secara individu
dan atau kelompok melakukan hasil pengamatan variasi
dan kombinasi aktivitas gerak berirama, yang
menekankan pada nilai-nilai: disiplin, kejujuran, kerja sama, percaya diri,
dan kerja keras. f.
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
Laporan hasil pembelajaran dilaporkan kepada guru yang berkenaan dengan:
Kesulitan, hambatan, dan capaian hasil belajar yang diperoleh. 3.
Kegiatan Penutup a.
Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai
dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum.
Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran. b.
Peserta
didik melakukan pendinginan/colling
down, dan berdoa. c.
Peserta
didik mencuci tangan, berganti pakaian, dan beristirahat. |
||
|
|||
Asesmen: a.
Sikap : Jurnal/observasi. b.
Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan. c.
Keterampilan : Tes praktik dan portopolio. |
|||
Tagihan 1/MG 1
(langkah dasar gerak berirama). |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||||
Gerakan |
Kesalahan |
Perbaikan |
Awal |
pelaksana |
Akhir |
|
|
|
|
|
|
|
|
Tagihan 2/MG 2
(gerakan ayunan lengan gerak berirama). |
1.
Buatlah
kesimpulan hasil dari pembelajaran rangkaian gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan. 2.
Buatlah
kliping atau makalah tentang aktivitas geraj berirama. |
Awal |
pelaksana |
Akhir |
||
Tagihan 3/MG 3
(rangkaian langkah kaki
dan ayunan lengan gerak berirama). |
1.
Kerjakan
soal pilihan ganda (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 97. 2.
Kerjakan
soal esai (1 – 5) pada buku teks Yudhistira hal 98. |
Awal |
pelaksana |
Akhir |
||
|
|
|
Mengetahui Pamotan,
Kepala
Sekolah Guru
mapel
PARMAN, S.Pd Drs.
EDY MULYONO
NIP
19680524 199903 1 002 NIP
19680107 199512 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 2 Pamotan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Bahaya Pergaulan Bebas
Alokasi Waktu : 2 Kali
Pertemuan/2 Minggu ( 6 JP )
Tujuan
Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
|
3.9. Memahami perlunya pencegahan terhadap “bahaya
pergaulan bebas”. |
4.9. Memaparkan perlunya pencegahan terhadap “bahaya
pergaulan bebas”. |
||
IPK 3 |
IPK 4 |
||
·
Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan pencegahan terhadap
“bahaya pergaulan bebas dengan
benar. |
·
Mengkaji, mengemas, dan mempresentasikan pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas dengan benar. |
||
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran |
|||
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
· Model: Pembelajaran jarak jauh (During dan Luring). · Metode: Windows
shoping · Alat, Bahan, dan Media
Pembelajaran: o Ruangan/ halaman o Laktop o Gambar o Vidio pembelajaran o Handpone · Sumber Belajar: o Muhajir. 2017. PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 107-118). o Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 273-287). · Produk: Pemahaman dan
penerapan pencegahan
terhadap “bahaya pergaulan bebas. · Deskripsi: Peserta didik secara berkelompok memahami dan menerapkan pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas. |
1.
Kegiatan Pendahuluan a. Guru menyiapkan materi
pembelajaran, dan membentuk kelompok (2 s.d 5 peserta didik yang disesuaikan
dengan tempat tinggal terdekat). b.
Kemudian guru mengirimkan materi pembelajaran, lembar kerja peserta didik
(LKPD), tujuan yang harus
dicapai, dan penilaian pembelajaran melalui google classroom. 2.
Kegiatan Inti a.
Peserta
didik membagi diri menjadi empat/sesuai dengan pokok bahasan, antara lain: hakikat bahaya pergaulan bebas, dampak bahaya pergaulan
bebas bagi diri sendiri dan lingkungan, dan langkah-langkah pencegahan
terhadap bahaya pergaulan bebas. b.
Setiap
peserta didik berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano untuk ditempel di dinding dan
dibaca oleh kelompok lain. c.
Setiap
peserta didik membaca dan mencatat hasil diskusi peserta didik lain yang
ditempel, kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tersebut
(paling sedikit satu pertanyaan setiap peserta didik/empat pertanyaan). d.
Setiap
peserta didik mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh peserta didik lain yang
membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut, yaitu: hakikat bahaya pergaulan bebas, dampak bahaya pergaulan
bebas bagi diri sendiri dan lingkungan, dan langkah-langkah pencegahan
terhadap bahaya pergaulan bebas. e.
Setiap
peserta didik menyusun simpulan akhir dan membacakannya di depan peserta
didik yang lain di akhir pembelajaran secara bergiliran, yang menekankan
nilai-nilai: disiplin, kejujuran, kerja sama, percaya diri, dan ingin tahu. f.
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
Laporan hasil pembelajaran dilaporkan kepada guru yang berkenaan dengan:
Kesulitan, hambatan, dan capaian hasil belajar yang diperoleh. 3.
Kegiatan Penutup a.
Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai
dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum.
Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran. b.
Peserta
didik berdoa. c.
Peserta
didik mencuci tangan, memakai masker, dan beristirahat. |
||
|
|||
Asesmen: a.
Sikap : Jurnal/observasi. b.
Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan. c.
Keterampilan : Tes praktik dan portopolio. |
|||
Tagihan 1/MG 1
(membuat materi tentang pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas). |
Pengetahuan |
Keterampilan |
||
1. Buatlah kesimpulan hasil dari pembelajaran materi pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas. 2.
Buatlah kliping
atau makalah tentang pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas. |
Menyiapkan materi |
Kegiatan presentasi |
Simpulan |
|
|
|
|
||
Tagihan 2/MG 2
(mempresentasikan materi tentang pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas). |
1.
Kerjakan
soal pilihan ganda (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 117-118. 2. Kerjakan soal esai (1 – 10) pada buku teks Yudhistira
hal 118. |
Menyiapkan materi |
Kegiatan presentasi |
Simpulan |
|
|
|
Mengetahui Pamotan,
Kepala
Sekolah Guru
mapel
PARMAN, S.Pd Drs.
EDY MULYONO
NIP
19680524 199903 1 002 NIP
19680107 199512 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar