Selasa, 07 Februari 2023

RPP Kelas 8 Semester 1 PJOK

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                  : SMP Negeri 2 Pamotan

Mata Pelajaran     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kelas/Semester    : VIII / 1

Materi Pokok       : Aktivitas Kebugaran Jasmani

Alokasi Waktu     : 3 Kali Pertemuan/3 Minggu ( 9 JP )

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.5. Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya.

4.5. Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi) serta pengukuran hasilnya.

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan aktivitas latihan kebugaran jasmani  yang terkait dengan keterampilan dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan aktivitas latihan kebugaran jasmani  yang terkait dengan keterampilan dengan benar.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

·        Model:

Pembelajaran jarak jauh (During dan Luring).

·        Metode:

Berbasis masalah (Problem-Based Learning)

·        Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran:

o   Ruang/lapangan

o   Palang tunggal

o   Matras/ sejenisnya

o   Stopwach

o   Gambar

o   Vidio pembelajaran

o   Handpone

·        Sumber Belajar:

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 67-80).

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 219-232).

·        Produk:

Aktivitas latihan kebugaran jasmani.

·        Deskripsi:

Peserta didik secara berkelompok memahami dan melakukan aktivitas latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan.

1.      Kegiatan Pendahuluan

a.     Guru menyiapkan materi pembelajaran, dan membentuk kelompok (2 s.d 5 peserta didik yang disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat).

b.     Kemudian guru mengirimkan materi pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), tujuan yang harus dicapai, dan penilaian pembelajaran melalui google classroom.

c.      Peserta didik menggunakan pakaian olahraga, berbaris, berdoa, dan memastikan bahwa dalam keadaan sehat.

d.     Peserta didik melakukan pemanasan secara berurutan (dari peregangan statis, dinamis atau dalam bentuk game/bermain gerobak dorong).

2.      Kegiatan Inti

a.     Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok besar  (disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat).

b.     Peserta didik melakukan hasil pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi), yang tidak mampu dilakukan pada saat gerakan.

c.      Peserta didik melakukan hasil pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan, secara individu maupun kelompok.

d.     Peserta didik secara individu dan atau kelompok melakukan hasil pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan, sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh teman sekelompok.

e.      Peserta didik secara individu, berpasangan, dan atau kelompok melakukan hasil pengamatan latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.

f.      Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. Laporan hasil pembelajaran dilaporkan kepada guru yang berkenaan dengan: Kesulitan, hambatan, dan capaian hasil belajar yang diperoleh.

3.      Kegiatan Penutup

a.    Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum. Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran.

b.    Peserta didik melakukan pendinginan/colling down, dan berdoa.

c.    Peserta didik mencuci tangan, berganti pakaian, dan beristirahat.

 

Asesmen:

a.     Sikap             : Jurnal/observasi

b.     Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan.

c.      Keterampilan   : Tes praktik dan portopolio.

 

Tagihan 1/MG 1 (latihan kecepatan dan kelincahan).

Pengetahuan

Keterampilan

Gerakan

Kesalahan

Perbaikan

Awal

pelaksana

Akhir

Frekuensi

 

 

 

 

 

 

 

Tagihan 2/MG 2 (latihan keseimbangan dan koordinasi).

1.  Buatlah kesimpulan hasil dari pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani.

2.  Buatlah kliping atau makalah tentang aktivitas kebugaran jasmani.

Awal

pelaksana

Akhir

Frekuensi

 

 

 

 

Tagihan 3/MG 3 (pengukuran aktivitas kebugaran jasmani/ keterampilan).

1.   Kerjakan soal pilihan ganda (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 79.

2.  Kerjakan soal esai (1 – 5) pada buku teks Yudhistira hal 80.

Awal

pelaksana

Akhir

Frekuensi

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                             Pamotan,

                Kepala Sekolah                                                                                                       Guru mapel

 

 

 

                PARMAN, S.Pd                                                                                                     Drs. EDY MULYONO

                        NIP 19680524 199903 1 002                                                                                                                                       NIP 19680107 199512 1 004


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                  : SMP Negeri 2 Pamotan

Mata Pelajaran     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kelas/Semester    : VIII / 1

Materi Pokok       : Aktivitas Keterampilan Gerak Berirama

Alokasi Waktu     : 3 Kali Pertemuan/3 Minggu ( 9 JP )

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.7. Memahami variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama.

4.7. Mempraktikkan prosedur variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dan inti latihan dalam aktivitas gerak berirama.

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik aktivitas gerak berirama  dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik aktivitas gerak berirama dengan benar.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

·       Model:

Pembelajaran jarak jauh (During dan Luring).

·       Metode:

Berbasis proyek (Project-Based Learning)

·       Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran:

o   Ruangan/ lapangan.

o   Tipe recorder

o   Kaset senam ritmik

o   Stopwach

o   Gambar

o   Vidio pembelajaran

o   Handpone

·       Sumber Belajar:

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 91-98).

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 247-260).

·       Produk:

Variasi dan kombinasi rangkaian gerak aktivitas gerak berirama.

·       Deskripsi:

Peserta didik secara berkelompok memahami dan melakukan aktivitas variasi dan kombinasi rangkaian gerak aktivitas gerak berirama.

1.      Kegiatan Pendahuluan

a.     Guru menyiapkan materi pembelajaran, dan membentuk kelompok (2 s.d 5 peserta didik yang disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat).

b.     Kemudian guru mengirimkan materi pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), tujuan yang harus dicapai, dan penilaian pembelajaran melalui google classroom.

c.      Peserta didik menggunakan pakaian olahraga, berbaris, berdoa, dan memastikan bahwa dalam keadaan sehat.

d.     Peserta didik melakukan pemanasan secara berurutan (dari peregangan statis, dinamis atau dalam bentuk game/bermain bergerak bereaksi).

2.      Kegiatan Inti

a.     Peserta didik menyimak informasi materi dalam bentuk lembar kerja peserta didik (LKPD) tentang variasi dan kombinasi langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak aktivitas gerak berirama.

b.     Peserta didik membagi diri ke dalam kelompok sesuai dengan petunjuk guru yang disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat).

c.      Peserta didik melakukan variasi dan kombinasi aktivitas gerak berirama sesuai dengan gerakan yang dikuasai dan kreativitas kelompok dalam bentuk tulisan dan gambar.

d.     Setiap anggota kelompok mencoba secara bersama-sama melakukan variasi dan kombinasi langkah aktivitas gerak berirama tersebut dan saling memberikan umpan balik.

e.      Peserta didik secara individu dan atau kelompok melakukan hasil pengamatan variasi dan kombinasi aktivitas gerak berirama, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, kejujuran, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.

f.      Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. Laporan hasil pembelajaran dilaporkan kepada guru yang berkenaan dengan: Kesulitan, hambatan, dan capaian hasil belajar yang diperoleh.

3.      Kegiatan Penutup

a.    Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum. Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran.

b.    Peserta didik melakukan pendinginan/colling down, dan berdoa.

c.    Peserta didik mencuci tangan, berganti pakaian, dan beristirahat.

 

Asesmen:

a.     Sikap             : Jurnal/observasi.

b.     Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan.

c.      Keterampilan   : Tes praktik dan portopolio.

 

Tagihan 1/MG 1 (langkah dasar gerak berirama).

Pengetahuan

Keterampilan

Gerakan

Kesalahan

Perbaikan

Awal

pelaksana

Akhir

 

 

 

 

 

 

Tagihan 2/MG 2 (gerakan ayunan lengan gerak berirama).

1.   Buatlah kesimpulan hasil dari pembelajaran rangkaian gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan.

2.   Buatlah kliping atau makalah tentang aktivitas geraj berirama.

Awal

pelaksana

Akhir

Tagihan 3/MG 3 (rangkaian langkah kaki dan ayunan lengan gerak berirama).

1.   Kerjakan soal pilihan ganda (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 97.

2.   Kerjakan soal esai (1 – 5) pada buku teks Yudhistira hal 98.

Awal

pelaksana

Akhir

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                             Pamotan,

                Kepala Sekolah                                                                                                       Guru mapel

 

               

                  PARMAN, S.Pd                                                                                                   Drs. EDY MULYONO

                        NIP 19680524 199903 1 002                                                                                                                                       NIP 19680107 199512 1 004

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                  : SMP Negeri 2 Pamotan

Mata Pelajaran     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kelas/Semester    : VIII / 1

Materi Pokok       : Bahaya Pergaulan Bebas

Alokasi Waktu     : 2 Kali Pertemuan/2 Minggu ( 6 JP )

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.9.  Memahami perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas”.

4.9. Memaparkan perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas”.

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara  menerapkan pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas  dengan benar.

·        Mengkaji, mengemas, dan mempresentasikan pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas dengan benar.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

·       Model:

Pembelajaran jarak jauh (During dan Luring).

·       Metode:

Windows shoping

·       Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran:

o   Ruangan/ halaman

o   Laktop

o   Gambar

o   Vidio pembelajaran

o   Handpone

·       Sumber Belajar:

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 107-118).

o   Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT. Yudhistira (hal. 273-287).

·       Produk:

Pemahaman dan penerapan pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas.

·       Deskripsi:

Peserta didik secara berkelompok memahami dan menerapkan pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas.

1.      Kegiatan Pendahuluan

a.    Guru menyiapkan materi pembelajaran, dan membentuk kelompok (2 s.d 5 peserta didik yang disesuaikan dengan tempat tinggal terdekat).

b.     Kemudian guru mengirimkan materi pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), tujuan yang harus dicapai, dan penilaian pembelajaran melalui google classroom.

2.      Kegiatan Inti

a.     Peserta didik membagi diri menjadi empat/sesuai dengan pokok bahasan, antara lain: hakikat bahaya pergaulan bebas, dampak bahaya pergaulan bebas bagi diri sendiri dan lingkungan, dan langkah-langkah pencegahan terhadap bahaya pergaulan bebas.

b.     Setiap peserta didik berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano untuk ditempel di dinding dan dibaca oleh kelompok lain.

c.      Setiap peserta didik membaca dan mencatat hasil diskusi peserta didik lain yang ditempel, kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tersebut (paling sedikit satu pertanyaan setiap peserta didik/empat pertanyaan).

d.     Setiap peserta didik mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh peserta didik lain yang membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut, yaitu: hakikat bahaya pergaulan bebas, dampak bahaya pergaulan bebas bagi diri sendiri dan lingkungan, dan langkah-langkah pencegahan terhadap bahaya pergaulan bebas.

e.      Setiap peserta didik menyusun simpulan akhir dan membacakannya di depan peserta didik yang lain di akhir pembelajaran secara bergiliran, yang menekankan nilai-nilai: disiplin, kejujuran, kerja sama, percaya diri, dan ingin tahu.

f.      Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. Laporan hasil pembelajaran dilaporkan kepada guru yang berkenaan dengan: Kesulitan, hambatan, dan capaian hasil belajar yang diperoleh.

3.      Kegiatan Penutup

a.    Peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan secara umum. Kemudian peserta didik membuat catatan dan simpulan hasil pembelajaran.

b.    Peserta didik berdoa.

c.    Peserta didik mencuci tangan, memakai masker, dan beristirahat.

 

Asesmen:

a.     Sikap             : Jurnal/observasi.

b.     Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan.

c.      Keterampilan   : Tes praktik dan portopolio.

 

Tagihan 1/MG 1 (membuat materi tentang pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas).

Pengetahuan

Keterampilan

1.  Buatlah kesimpulan hasil dari pembelajaran materi pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas.

2.  Buatlah kliping atau makalah tentang pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas.

Menyiapkan materi

Kegiatan presentasi

Simpulan

 

 

 

Tagihan 2/MG 2 (mempresentasikan materi tentang pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas).

1.  Kerjakan soal pilihan ganda (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 117-118.

2.  Kerjakan soal esai (1 – 10) pada buku teks Yudhistira hal 118.

Menyiapkan materi

Kegiatan presentasi

Simpulan

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                             Pamotan,

                Kepala Sekolah                                                                                                       Guru mapel

 

               

                  PARMAN, S.Pd                                                                                                   Drs. EDY MULYONO

                        NIP 19680524 199903 1 002                                                                                                                                       NIP 19680107 199512 1 004

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar